Dampak New Normal dan Perkembagannya Dibidang IT

Hallo Semuanya

Perkenalkan saya Rahmadhani Novian Jaya pentester dari komunitas bughunt-borneo.org

Disini saya ingin membahas hal yang serius tentang new normal dampak dari covid-19 di bidang dunia IT ini. Yang saat ini mulai hari ini atau 1 juni dan bertepatan dengan hari pancasila kita akan melalukan new normal.

Apa itu new normal?
New normal adalah kebijakan membuka kembali aktifitas ekonomi, sosial dan kegiatan publik secara terbatas dengan mengunakan standar kesehatan yang sebelumnya tidak ada sebelum masa pandemi covid-19 itu ada dan salah satu upaya negara untuk menyelamatkan hidup warga dan menjaga agar negara tetap bisa berdaya menjalankan fungsinya.

Dan seperti yang kita ketahui dalam media-media baik media nasional dan internasional terdapat kabar bahwa covid-19 akan berakhir dalam 1-2 tahun kedepan(sesuai dengan prediksi dipasarkannya vaksin).

Dan saya memprediksi bisnis yang akan booming pada masa new normal ini yang sudah saya rangkum dibawah ini:
1. Life Insurance
2. E-Commerce
3. Remote working
4. Online shoping
5. Medical
6. Logistik
7. Online scholling
8. Webinar
9. Telemunikasi

Benefit yang di dapatkan dari new normal ini
1. Work life balance - productivity meningkat
2. Cost efesien & produktifitas
3. Karyawan bersedia dibayar lebih murah

Dampak yang besar adalah semuanya harus menjadi online
Perusahaan mulai harus di pastikan untuk masuk ke arah digital, mereka perusahaan besar akan membangun marketplace yang menjual produk mereka karena mengalami deepening dan widening, produsen harus mengembangkan chanel penjualan nya sendiri dan mereka harus mempunyai big data nya sendiri.

Dan dalam waktu 1 bulan kita dipaksa dan terpaksa serta mau tidak mau untuk berbelanja online.

Lalu?
bagaimana dampak tersebut bagi keamaan siber? pada tanggal 30 Mei 2020 saya berbicara melalui telpon wa dengan founder Sobat Cyber Indonesia(SCI) yaitu kak Akbar yang dimana kami membicarakan dampak dari new normal dan maraknya data breach atau kebocoran data milik perusahaan dan negara yang dimana kami mendiskusikan tentang impactnya new normal dimana semuanya menjadi go online akan tetapi tidak mempunyai keamaan siber dan menjadi sasaran empuk bagi peretas jahat yang kemudian akan menjadi blunder bagi perusahaan/orang tersebut karena terburu-buru untuk menjadikan usahanya go online atau menjadi online. Nah langkah yang harus di perhatikan disini adalah perusahaan yang sedang melakukan pivot menjadi online harus mengetahui juga tentang penting nya data milik perusahaan itu sendiri maupun data milik user karena kita tau hampir setiap hari indonesia diserang melalui internet dan kita bisa mengakses informasi tersebut melalui website milik BSSN yaitu honeynet.bssn.go.id.

Apa yang harus kita lakukan untuk menghadapi serangan siber tersebut? apakah kita harus berdiam saja? tentu tidak dari pembicaran saya dengan kak Akbar yang berdurasi 20 menitan kami membicarakan tentang bagaimana pencegahan dan perlindungan terhadap serangan siber yaitu dengan cara melakukan pentesting kepada website & aplikasi milik nya kemudian memperbaiki kerentanan yang ada dengan seperti itu kita akan lebih siap dalam menghadapi serangan siber dan pastikan bahwa perusahaan/startup kita memiliki tim IT sendiri agar lebih mudah dalam melakukan perbaikan jika ada insiden siber agar bisa cepat di tangani.

Dan juga hasil pembicaran kami kemaren kami akan melakukan video coverence dengan beberapa komunitas serta mengundang dari pihak BSSN untuk mementukan kedepan nya bagaimana.

Sekian pendapat atau opini saya semoga bisa dipetik hikmah dan manfaatnya.

Belum ada Komentar untuk "Dampak New Normal dan Perkembagannya Dibidang IT"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel